Peringati HUT TNI Ke-79, Kodim 0802/Ponorogo Gelar Trabas dan Baksos Sekaligus Patroli

PONOROGO || Ekpos.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2024 tadi siang Kodim 0802/Ponorogo menggelar beberapa kegiatan yang dikemas dalam acara ngetrail bareng (trabas), Selasa (01/10/2024).

Trabas yang melibatkan para Komunitas trail Kabupaten Ponorogo tersebut dihadiri antara lain Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Dwi Soerjono beserta beberapa Perwira, Kapolres Ponorogo, AKBP Anton Prasetyo, S.H, S.I.K, M.Si, beserta beberapa anggota termasuk Wakapolres Ponorogo Kompol Gandi Darma Yudanto, S.H, S.IK, MH.

Rangkaian trabas yang dilakukan Kodim 0802/Ponorogo dan Polres Ponorogo bersama para Komunitas trail tersebut yaitu melakukan patroli dalam rangka mengantisipasi atau mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara liar di wilayah Kabupaten Ponorogo.

Bahkan, dalam kegiatan tersebut juga digelar Baksos pemberian bingkisan sembako dan uang santunan kepada warga yang ada di sekitar lokasi atau pos istirahat.

Komandan Kodim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Dwi Soerjono saat memberikan testimoni kepada awak media sebelum berangkat mengatakan bahwa, Trabas HUT ke-79 TNI tersebut juga sebagai momen olahraga bersama sekaligus Komsos menghimbau warga untuk bersama sama ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan termasuk menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan secara liar.

“Kegiatan ini meninjau wilayah yang berpotensi rawan terhadap kebakaran. Pelaksanaan kegiatan yaitu gabungan Kodim 0802/Ponorogo dengan Polres Ponorogo yang dipimpin langsung Kapolres Ponorogo,“ kata Dandim 0802/Ponorogo yang juga mengatakan bahwa, trabas tersebut merupakan bentuk antisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan secara liar. Bahkan pihaknya juga terus berkoordinasi dengan unsur terkait termasuk melakukan himbauan dan penekanan kepada warga terkait karhutla tersebut.

Diungkap juga bahwa, acara trabas yang disertai baksos tersebut juga bentuk Komunikasi Sosial (Komsos) guna meningkatkan jalinan silaturahmi dan kekeluargaan antara TNI dan Polri bersama warga. “Untuk kegiatan baksos ini dalam rangka HUT TNI, HUT Korem dan Hari Kesaktian Pancasila,“ terang Letkol Inf Dwi Soerjono.

Adapun rute trabas patroli dan Baksos memperingati HUT ke-79 TNI tahun 2024 Kodim 0802/Ponorogo yaitu mulai berangkat dari Makodim 0802/Ponorogo menuju wilayah Koramil Tipe B 0802/18 Sooko dengan jarak tempuh sekitar 25 kilo meter, dimana medan yang dilalui sangat ekstrem dan benar benar menantang bagi para trabas Kodim 0802/Ponorogo.

Setelah menaklukkan medan penuh liku dan sangat menguras energi tersebut akhirnya rombongan tiba di Dukuh Centong, Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko. Disini rombongan melakukan istirahat sembari memberikan Bansos berupa bingkisan sembako dan uang santunan kepada warga Dukuh Centong, sebanyak 22 orang yang pelaksanaannya diserahkan langsung oleh Dandim 0802/Ponorogo, Kapolres Ponorogo serta beberapa perwakilan komuniras trail. (Red/MdC 0802).

Total
0
Shares
Previous Article

Penakluk Mount Everest, Naik Pangkat Letnan Kolonel

Next Article

2 Produk Syariah BRI-MI Raih Penghargaan Best Mutual Fund Sharia di Ajang Best Syariah 2024

Related Posts