Wamentan Sudaryono, Serahkan Bantuan Bibit dan Alsintan Ke Petani Demak

DEMAK || Ekpos.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono berkunjung ke area persawahan Desa Jatirogo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Kamis (3/10/2024).

Kunjungannya dalam rangka memberikan bantuan alat mesin pertanian dan menyemangati petani di daerah supaya tanam padi produktif.

Rombongan Sudaryono tiba di lokasi pukul 08.30 WIB dan disambut Aster Kasdam IV/Diponegoro, Kolonel Inf Lukman Hakim, Dandim 0716/Demak, Letkol Kav Maryoto, S.E, M.Si, MM, Kapolres Demak, AKBP Ari Cahya Nugraha, SH, S.I.K, M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Demak, Agus Musafak, M.Si, Ka Dinas Pertanian Dan Pangan Kab. Demak, Drs. Agus Herawan, kelompok tani dan lain-lain.

Kunjungan tersebut digelar dalam rangka Gerakan Percepatan Tanam yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan).

Dalam kesempatan itu, Sudaryono berbincang secara langsung dengan petani dan dilanjutkan dengan tanam bibit padi di areal persawahan Desa Jatirogo.

“Fungsi dari pemerintah adalah membantu penyelesaian dan membantu para petani untuk mengatasi semua permasalahan yang ada di lahan pertanian. Petani itu kerjanya sudah sulit, jadi jangan sampai kesusahan. Maka tugas pemerintah menyediakan pupuk saat waktu tandur dan dengan mekanisme yang lebih mudah dari yang sebelumnya, serta menjamin hasil panen petani dapat terserap,” ungkap Sudaryono.

Dia menambahkan, penyerahan bantuan bibit yang dilakukan dan diharapkan menjadi awal dan percontohan bagi kelompok tani yang lain.

”Semoga bibit bisa tumbuh subur dan memberikan hasil yang melimpah. Semua langkah ini merupakan bagian dari upaya mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan,” tegas dia

Dalam kesempatan tersebut, Sudaryono menyerahkan sejumlah bantuan mulai dari benih hingga alat dan mesin pertanian (alsintan).

Bantuan itu berupa combine harvester besar 16 unit, 7.782 Ha benih padi, 1.423 Ha benih jagung, irigasi perpompaan 33 unit, 25 unit traktor roda dua, 5 unit traktor roda empat dan beberapa bantuan pertanian lainnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Demak, Agus Musafak berharap, melalui kunjungan tersebut sektor pertanian di Kabupaten Demak semakin meningkat.

“Penyerahan bibit tani hari ini semoga menjadi awal dan percontohan bagi kelompok tani yang lain untuk terus semangat mengembangkan hasil pertanian yang ada di Kabupaten Demak, semoga bibit ini bisa tumbuh subur dan memberikan hasil yang melimpah dan menjadi bagian dari upaya kita untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan,” kata Agus. (Red/Pendim 0716/Demak).

Total
0
Shares
Previous Article

Gugatan Jokowi Gunakan Ijasah Palsu, Disusul Oleh Habib Rizieq Shihab

Next Article

Wardatul Asriah, Rebut Kepercayaan Masyarakat Lewat Partai yang Berbeda

Related Posts