Sukseskan Food Estate, Dandim 1011/Klk dan Kadistan Kapuas Tandatangani Serah Terima Kelapa Genja

 

Kuala Kapuas – ekpos.com – Dalam rangka mensukseskan program Food Estate pemerintah pusat, Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Ferdiansyah, S.Sos, Kadis Pertanian Kuala Kapuas melaksanakan penanda tanganan serah terima Kelapa Genjah sebanyak 88.000 dan pupuk sebanyak 704.000 kg, yang selanjutnya diserahkan kepada kelompok Tani Kabupaten Kuala Kapuas di Makodim 1011/Klk pada Minggu terakhir Desember 2022 yang lalu.

Dalam acara tersebut Dandim 1011/Klk, Letkol Kavaleri Ferdiansyah, S.Sos menyatakan bahwa, Kodim 1011/Klk siap membantu pemerintah kabupaten Kuala Kapuas dalam mewujudkan kawasan Kabupaten Kapuas menjadi sektor lumbung pangan dalam kegiatan Foot Estate yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, asisten 2, Drs. Salman, M. Si mewakili pemerintah kabupaten Kuala Kapuas, menyatakan, Mari kita dukung program Food estate ini. Mari kita syukuri dan manfaatkan setiap peluang berupa bantuan bagi poktan dalam bentuk apapun. “Tanam dan rawat kelapa genjah yang dibagi kepada Poktan. Kita kuatkan komitmen dan bulatkan tekad untuk mewujudkan Kapuas sebagai lumbung dan penopang ketahanan pangan wilayah,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, kelapa genjah mempunyai banyak keunggulan yaitu kelapa ini dapat berbuah sangat cepat yaitu kurang lebih 3 tahun dan dapat menlghasilkan 80-140 buah/tahun.

Selain itu, batang pohon juga tidak terlalu tinggi hanya berkisar 3-4 meter.

Keunggulan lain dari kelapa genjah tahan dari hama penyakit dan dapat tumbuh di dataran rendah yang sesuai dengan iklim di kabupaten Kuala Kapuas.

Selain itu juga, kelapa genjah bisa dimanfaatkan baik buah, batang pohon yang bisa di jadikan bahan mebel dan daunnya dapat di jadikan kerajinan tangan sehingga menjadikan produk pertanian yang ekonomis serta tanpa ada limbah, sehingga baik dibudidayakan oleh kelompok tani di Kabupaten Kuala Kapuas.

Untuk mensukseskan program ini, Dandim 1011/Klk memerintahkan para Babinsa untuk turut serta membantu Kelompok Tani yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Kapuas, dengan turut berperan aktif melakukan pendampingan dalam proses pendistribusian dan penanaman bibit pohon kelapa Genjah ini.

Sehingga apabila nanti ada kesulitan dan kendala para Babinsa dapat membantu mencari solusi yang efektif.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Kabupaten Kuala Kapuas yang diwakili oleh Asisten 2, Drs. Salman, M.Si, Plt Kepala dinas Pertanian Kuala Kapuas, Yaya, SP, Kepala BPTP yang diwakili pejabat pembuat komitmen, Kusharyanto dan para kelompok tani yang menerima bantuan kelapa Genjah ini. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Ketua Komisi A: Masyarakat Diminta Tingkatkan Kewaspadaan hadapi Ancaman Virus Omicron

Next Article

Kepala MAN Cimahi, Drs. Rudaya M.M.Pd. : Pembelajaran Online Dorong Siswa Mandiri dan Bersikap Jujur

Related Posts