PUSHIDROSAL PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

 

Jakarta – Ekpos.com, 1 Juni 2023 Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023 dengan upacara bertempat di lapangan apel Pushidrosal, Jakarta Utara, Kamis (1/6/2023).

Upacara dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” tersebut dipimpin oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku inspektur upacara, serta dihadiri antara lain Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, Pejabat Utama dan Kasatker Pushidrosal serta diikuti oleh personel baik Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajaran Pushidrosal.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dalam amanat tertulisnya yang di bacakan Danpushidrosal menyampaikan, Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945.

Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebagai prajurit TNI, harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan. Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Lebih lanjut, dengan tema peringatan hari lahir Pancasila diatas merupakan pengingat betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa. Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu.

(Red)

Total
0
Shares
Previous Article

Satgas Yonif Raider 200/BN Bantu Pengobatan Masyarakat Yang Sakit

Next Article

Maknai Hari Lahir Pancasila, Lanal Sabang Laksanakan Upacara Bendera

Related Posts