Dandim Tulungagung Hadiri Apel Gelar Pasukan Gladi Posko Persiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2024

 

Tulungagung – ekpos.com – Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P mendampingi Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M pada acara Apel Gelar Pasukan dalam rangka Gladi Posko Persiapan Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Tulungagung, Rabu (23/08/2023) pagi.

Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M menyebut, Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) berperan sebagai ujung tombak pengamanan yang menjadi kunci dalam kelancaran serta keberhasilan dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada tahun 2024 di Kabupaten Tulungagung.

“Bahwa tugas, peran dan eksistensi Satlinmas sampai saat ini masih dirasakan sangat diperlukan oleh masyarakat maupun Pemerintah Daerah,” ujar Bupati Tulungagung.

Bupati Tulungagung menambahkan bahwasanya Satlinmas harus dibekali dan ditingkatkan kapasitasnya dalam mengemban tugas dan perannya. Pada tahun 2022, Kementerian Dalam Negeri meluncurkan aplikasi Simlinmas yaitu aplikasi yang digunakan untuk pendataan anggota dan pelaporan kegiatan linmas.

Kabupaten Tulungagung sesuai data tahun 2023 memiliki jumlah total 7.520 anggota Linmas. Kemudian dari jumlah tersebut pada Pemilu maupun Pilkada tahun 2024 akan ditugaskan di 3.305 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Posko di Desa juga Kelurahan, Posko Kecamatan, dan Posko Kabupaten.

“Sesuai data anggota linmas yang sudah masuk pada aplikasi Simlinmas, per tanggal 20 Agustus 2023 masih sebanyak 3.758 orang. Melihat angka tersebut yang masih setengah dari total anggota linmas yang ada di kabupaten Tulungagung,” tambahnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, Satlinmas memiliki peranan penting dan sebagai ujung tombak dalam membantu penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu maupun Pilkada, maka untuk meningkatkan kapasitas Satlinmas melalui Satpol PP, selaku perangkat daerah yang membidangi mengadakan kegiatan Gladi Posko persiapan Pemilu 2024.

Adapun materi yang diberikan kepada anggota Satlinmas, jelas Bupati, meliputi yang pertama, teknik antisipasi kerusuhan dan cegah dini dalam Pemilu maupun Pilkada oleh Kodim 0807 Tulungagung.

Kedua, teknik pengamanan dalam menghadapi Pemilu maupun Pilkada serentak oleh Polres Tulungagung.

Ketiga, peran Bawaslu terhadap tugas Satlinmas dalam menjaga keamanan dalam proses Pemilu maupun Pilkada serentak oleh Bawaslu Tulungagung.

Dan, keempat itu penempatan personel dan tata cara dalam pengamanan Pemilu maupun Pilkada serentak oleh KPU Tulungagung. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Cegah Dan Atasi Penurunan Angka Stunting, Ini Kata Lettu Caj Sutardi

Next Article

Dukung Program Layanan Kesehatan, Danramil 0801/03 Arjosari Hadiri Mini Loka Karya

Related Posts