Sambut HUT Ke-78 TNI, Kodim Tulungagung Gelar Ziarah Rombongan

Tulungagung – ekpos.com – Dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada tanggal 5 Oktober esok hari, Kodim 0807/Tulungagung menggelar kegiatan ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tulungagung Desa Rejoagung, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (04/10/2023).

Ziarah rombongan yang sangat berkesan ini dihadiri oleh anggota Kodim 0807/Tulungagung, anggota TNI AL, PNS, serta anggota Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXI Kodim Tulungagung.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P yang memberikan arahan dan semangat kepada seluruh peserta ziarah rombongan.

Rangkaian kegiatan ziarah rombongan dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan, dimana seluruh peserta mengheningkan cipta sebagai tanda penghormatan kepada mereka yang telah gugur demi kebebasan dan kedaulatan bangsa. Kemudian, karangan bunga diletakkan oleh pimpinan rombongan sebagai simbol penghargaan terhadap jasa-jasa para pahlawan.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan do’a, sebagai ungkapan terima kasih dan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah berjuang dengan gagah berani.

Puncak dari kegiatan ziarah rombongan ini adalah tabur bunga di makam para pahlawan, tindakan simbolis yang menggambarkan penghormatan dan rasa terima kasih yang mendalam kepada para pahlawan yang telah berkorban untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dalam pernyataannya, Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol Czi Nooris Agus Rinanto, S.I.P mengungkapkan, Kegiatan ziarah rombongan ini adalah wujud nyata penghormatan dan pengakuan terhadap perjuangan para pahlawan kita yang telah rela berkorban nyawa demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa Indonesia. Mereka adalah teladan keberanian dan semangat patriotisme yang harus kita jaga dan peringati dengan penuh rasa hormat, tandasnya.

“Kemerdekaan yang kita nikmati saat ini adalah hasil jerih payah dan pengorbanan besar para pahlawan kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan memperjuangkan kemerdekaan ini dengan segenap kemampuan kita. Mari kita bersama-sama meneruskan perjuangan mereka dengan menjaga persatuan, kesatuan, dan keutuhan bangsa Indonesia,” tambah jebolan Akmil Tahun 2003 tersebut.

Dengan menggelar kegiatan ziarah rombongan ini, agar selalu mengingatkan kita semua akan pentingnya menghargai sejarah dan perjuangan para pahlawan serta mengisi kemerdekaan ini dengan kebaikan, kesatuan, dan semangat gotong-royong demi masa depan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Personil Kodim 0801/Pacitan Ikuti Penyuluhan Dari Komunitas Banyu Bening

Next Article

Temui LaNyalla, "UI Watch" dan "Kelompok Pancasila Berdaulat Bangsa Selamat" Desak Percepatan Upaya Koreksi Sistem Bernegara

Related Posts