Ka.Kemenag Cimahi Kukuhkan BKM Kecamatan dan Kelurahan

Cimahi,Ekpos.com

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cimahi, Baiq Raehanun Ratnasasri, MH, resmi mengukuhkan kepengurusan  Badan Kesejahteraan Mesjid (BKM) periode 2023-2027, tingkat Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Cimahi, di Aula Kemenag, Lt 2, jalan Kamarung,  Rabu, 4 Oktober 2023.

Pengukuhan BKM dengan Tema “ BKM Kuat, Mesjid Berdaya, Jabar Juara” di saksikan Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam,M.Si, Kabid Urais, Ahmad Patoni, Kabag TU, Isman Suroso, Kabag Kesra Kota Cimahi, Sugeng Budiono, MT, Para Kasie, Staff, pengurus DKM, para kepala KUA dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya kepala Kanwil Ajam Mustajam mengatakan kemajuan ilmu teknologi membuat komunikasi interaksi manusia semakin mudah dan cepat.Namun, kemajuan teknologi itu,kalau tidak bisa mengikuti dan mengimbangi, maka, akan tertingal dan menjadi penonton.

“ Penggunaan HP itu ada 2 tujuan, untuk menambah  ilmu agar lebih baik atau merekam  kesalahan orang lain, lalu disebarkan untuk mendapatkan kepentigan pribadi.” Ungkap Ajam.

Dengan kondisi itu, maka kehadiran BKM harus bisa menjawab tantangan tersebut, dengan cara memberdayakan fungsi mesjid sebagai mana mestinya. Selanjutnya, kata Ajam, BKM itu harus bisa mematahkan berita berita bohong (hoak) yang viral di masyarakat sehingga tidak terjadi pembenaran di masyarakat.

“ Kalau terjadi berita hoak di masyarakat tak usah di lawan, pasti kita cape,  tapi, harus di imbangi dengan berita yang benar, kalau orang lain menggunakan akun bodong, kita harus menggunakan akun yang benar,” terang Ajam.

Bukan hanya itu, BKM juga harus meningkatkan kesalehan sosial di masyarakat, harus tampil di tengah masyarakat untuk menjadi bagian solusi dari permasalahan yang terjadi di masyarakat. Dan juga harus bisa meningkatkan perekonomian dengan jalan memberdayakan zakat, infaq dan sodakoh.

“ Disadari atau tidak di masyarakat sudah terjadi penurunan kesalehan sosial, misalnya gara gara beda batas tanah sampai bermusuahn setahun atau dua tahun. Padahal, 3 hari tidak saling menyapa hukum nya dosa. Maka posisi BKM  harus bisa mendamaikan” Ucapnya.

Sementara, Kepala Kemenag Cimahi, Baiq Raehanun Ratnasari mengatakan keberadaan BKM merupakan lembaga yang dibentuk Kemenag untuk meningkatkan perang dan fungsi masjid, sebagai tempat ibadah dan sarana pembinaan umat. Dan, urutan BKM  berjenjang mulai  BKM pusat, BKM provinsi, BKM kota/kabupaten, .BKM kecamatan dan BKM kelurahan.

“Semoga keberadaan BKM diharapkan bisa menjadi bagian solusi untuk  menjawab kebutuhan di masyarakat tentang fungsi kemasjidan  di Kota Cimahi. Yaitu  memberikan pencerahan ilmu keagamaan,mendorong  kesalehan sosial, meningkatkan ekonomi dengan memberdayakan zakat, infaq dan sodakoh, serta  bisa menangkal berita berita yang tidak benar (hoak) yang terjadi di masyarakat.

Kabag Kesra Kota Cimahi, Sugeng Budiono, menyampaikan  selamat dan sukses  kepada kepenguusan BKM tingkat Kecamatan dan kelurahan yang telah dikukuhkan.

“ Sermoga kepengurusan  BKM yang sudah dikukuhkan mampu menghasilkan program program unggulan, kedepan bisa melahirkan generasi penerus yang hebat, kuat dan amanah. Jadikan amanah ini sebagai wahana untuk mengabdikan diri kepada agama, masyarakat dan negara.” Ungkap Sugeng saat mewakili membacakan teks sambutan Pj Walikota Cimahi.

Keberadaan BKM juga  bisa membantu terjadinya degradasi moral yang terjadi saat ini, dan menjadi agen perubahan serta berkontribusi dalam mensukseskan pembangunan di Kota Cimahi.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Bimas Islam Budi Ali Hidayat, menginformasikan jumlah mesjid, mushola dan pesantren di kota cimahi tahun 2023.

Mesjid   467 buah:

1 Cimahi Selatan : 202 mesjid

2 Cimahi Utara : 132 mesjid

3 Cimahi Tengah: 133

-Mesjid Agung :1 buah

-Mesjid Bersejarah : 2  buah

-Mesjid Besar : 3 buah

-Mesjid ditempat publik : 4 buah

-Mesjid Jami : 457 buah

Mushola : 399 Buah

1 Cimahi Selatan : 120 buah

2 Cimahi Utara : 155 buah

3 Cimahi Tengah : 124 buah

Pesantren : 39 Buah

1 Cimahi Selatan :  17 buah

2 Cimahi Utara : 15 buah

3 Cimahi Tengah : 7 buah

Majelis Taklim : 468 buah

Total Jumlah Jemaah : 21.988 orang

 

Pengurus BKM Tingkat Kecamatan dan Kelurahan periode 2023-2027

BKM Cimahi Tengah

Majelis Pertimbangan : KH.Asep Hilman Mubarok,

Ketua :  Asep Kunrat, SH ( Kepala KUA)

Sekretaris : Didin Jaenudin, S.Ag

BKM Cimahi Utara

Majelis Pertimbangan : H.Agus Sobarna S.Pd

Ketua: Drs.Agus Budiman (Kepala KUA)

Sekretaris :  Hendra Kadarusman, S.Thi

BKM Cimahi Selatan

Majelis Pertimbangan : H.Ahmad Subur

Ketua : Heri Setiawan, SHI, (Kepala KUA)

Sekretaris : Endang Supriatna, M.Pd

*** HG

Total
0
Shares
Previous Article

Jelang HUT TNI ke 78, Panglima TNI Ziarah Ke Makam Jenderal Soedirman

Next Article

Danlantamal I Laksanakan Ziarah Nasional Dalam Rangka Menyambut HUT Ke-78 TNI

Related Posts