Ciptakan Lingkungan Sehat, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Ajak Warga Bersihkan Parit

Pacitan – ekpos.com – Guna menghadapi awal musim penghujan Koptu Daris, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan, Kodim 0801/Pacitan mengajak kepada seluruh warga untuk melaksanakan kerja bakti pembersihan parit di sepanjang jalan Desa Banjarsari, Kec./Kab. Pacitan, Selasa (07/11/2023).

Menurutnya, melalui upaya pembersihan lingkungan tersebut, diharapkan dapat mencegah terjadinya luapan air karena tersumbat oleh tumpukan sampah yang lama tak dibersihkan.

Selain itu, jika lingkungan sekitar bersih akan melindungi masyarakat dari berbagai jenis penyakit selama musim penghujan, misalnya gatal-gatal, diare, DBD dan lain sebagainya.

“Sebelum musim penghujan tiba, kita harus rajin membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal kita termasuk parit. Jangan sampai nanti ketika hujan sudah turun malah terjadi masalah banjir, sehingga menimbulkan kerusakan akses jalan karena aliran air tidak lancar,” jelasnya saat berada di lokasi.

Lebih lanjut, ia juga menghimbau kepada masyarakat, untuk meningkatkan kesadarannya dengan tidak membuang sampah sembarangan yang menjadi pemicu terjadinya banjir.

“Sejak kecil, kita sudah diajarkan untuk selalu membuang sampah pada tempat sampah. Hal ini bukan hanya bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengelola sampah, tetapi juga sebagai salah satu langkah pencegahan banjir,” ungkapnya.

Dengan upaya kepedulian ini, mudah-mudahan dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan aman untuk keluarga dan masyarakat. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Upaya Tanggap Bencana, Babinsa Koramil 0801/08 Tulakan Mengikuti Pembinaan Kepada Masyarakat

Next Article

Rancang Masa Depanmu Sejak Dini, DPLK BRI Ajak UMKM Persiapkan Dana Pensiun

Related Posts