Peringati Hari Bela Negara Ke-75, Kodim 0801/Pacitan Selenggarakan Upacara

Pacitan – ekpos.com – Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-75, Kodim 0801/Pacitan menyelenggarakan upacara, yang berlangsung di lapangan Makodim Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Selasa (19/12/2023).

Dalam momen tersebut, Danramil 0801/12 Pringkuku, Kodim 0801/Pacitan, Kapten Arh Budi Eko Prayanto selaku Irup membacakan amanat Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo.

Melalui amanatnya Presiden RI menyampaikan bahwa, tantangan ke depan semakin tidak terduga. Bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim yang telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu,” kata Ir. Joko Widodo secara tertulis

Lebih dari itu, ia jelaskan bahwa, semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan saja, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat.

“Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Presiden juga menyebutkan, Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan seharihari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

“Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air,” ungkapnya.

Dengan di landasi tema semangat Hari Bela Negara ke 75 kali ini yakni “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”, semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Bakti Sosial Digelar Jelang HUT Ke-61 Korps Wanita TNI AL

Next Article

Tingkatkan Kwalitas, Babinsa Koramil 0801/07 Ngadirojo Latih Linmas di Desa Binaan

Related Posts