Tingkatkan Kemampuan Hadapi Bencana, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo Berikan Sosialisasi

Pacitan – ekpos.com – Sosialisasi sebagai upaya langkah antisipatif terhadap bencana alam dan bagaimana penanggulangannya guna meminimalisir dampak bencana terus dilakukan baik oleh Pemerintah maupun Aparat keamanan termasuk TNI dan Polri.

Bencana tidak hanya disebabkan oleh kondisi geografis alam saja, tetapi juga seringkali disebabkan perbuatan manusia itu sendiri. Kurangnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kelestarian alam juga dapat mengakibatkan bencana seperti banjir, longsor, kebakaran hutan dan lain sebagainya.

Untuk mengurangi dampak bencana alam, kali ini Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo, Kodim 0801/Pacitan, Serda Suyatno memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan anggota Linmas berlangsung di Desa Sawahan, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Sabtu (13/01/2024).

“Upaya ini merupakan langkah sedia payung sebelum hujan, agar masyarakat selalu siap dan siaga terlebih dihadapkan kondisi geografis sebagian besar wilayah Pacitan dataran tinggi, sehingga rawan terjadi bencana, salah satunya tanah longsor,” kata Babinsa saat memberikan sosialisasi.

Dijelaskan bahwa, sosialisasi ini juga bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarkat terhadap resiko bencana. Karena, tidak semua dari mereka tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

“Kerentanan terhadap bencana dikarenakan kurangnya faktor keterbatasan pemahaman terhadap resiko di sekeliling mereka, yang berakibat tidak adanya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” ungkapnya.

Menurutnya, edukasi kebencanaan memiliki peranan penting untuk membantu menyelamatkan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat, baik melalui pembangunan fisik maupun tingkat kesadaran pribadi perorangan.

“Melalui upaya ini, diharapkan dapat mengurangi resiko bencana dan meminimalisir kerugian yang ditimbulkan, disamping peningkatan kemampuan dalam menghadapi bencana,” tambahnya. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Dandim 0806/Trenggalek dan Ketua Persit KCK Cabang XX Dim 0806 Tunjukkan Kecintaan di Tengah Kesulitan

Next Article

Beroperasi Diluar Jam Operasional & 33 Truk Tanah Dikandangkan di Tangerang, Ini Kata Kapolres

Related Posts