Kel. Babakan Ciamis Lestarikan Budaya Sunda Lewat Suragadadasuka

BANDUNG, Ekpos.Com — Di tengah pesatnya perkembangan kota Bandung, Kelurahan Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung berhasil menjaga dan melestarikan budaya Sunda melalui berbagai upayanya.
Lurah Babakan Ciamis, Duddy Firmansyah menjelaskan, ada salah satu warganya yang secara konsisten melestarikan kesenian tradisional sunda yang tergabung dalam lingkung seni Suragadadasuka.
Informasi, Suragadadasuka merupakan singkatan dari Sukma Rasa Gantung Dangu Dangiang Sukma Pusaka.
“Seni ini Suragadadasuka  mengandung makna mendalam. Setiap pemain berusaha menyajikan karya yang mampu dirasakan sehingga terngiang-ngiang di benak penonton, dengan penuh hati dan maksimal,” jelas Duddy, Senin, (16/7/2024).
Duddy juga menyampaikan Lingkung Seni Suragadadasuka berdiri sejak 1974 dan telah mendapatkan legalitas pertama pada 1982, yang kemudian diperbarui pada 2022 oleh Disparbud Kota Bandung.
“Upaya ini mendapat apresiasi tinggi karena menunjukkan bahwa di tengah hiruk-pikuk kota, masih ada warga yang setia melestarikan budaya Sunda,” ungkapnya.
Meskipun terletak di pusat kota, RW 03 Kelurahan Babakan Ciamis menghadapi kendala keterbatasan tempat untuk melaksanakan kegiatan budaya.
“Kami berharap pemerintah dapat memfasilitasi kami dengan menyediakan lokasi yang layak untuk terus melestarikan budaya ini,” ujar Duddy Firmansyah.
Menurutnya berbagai upaya telah dilakukan untuk membantu branding dan promosi lingkung seni ini , termasuk melalui sosialisasi di media.
Duddy dan timnya mengaku aktif mempromosikan kesenian Suragadadasuka dan permainan tradisional Sunda seperti sorodot gaplok.
“Apresiasi tinggi diberikan kepada RW setempat yang selalu mengajak anak-anak bermain permainan tradisional dibandingkan gadget,” ungkapnya.
Dengan berbagai upaya pelestarian yang dilakukan, Kelurahan Babakan Ciamis berhasil menjadi contoh bahwa budaya tradisional bisa tetap hidup dan berkembang di tengah modernisasi.*
Total
0
Shares
Previous Article

Tips Cegah Penyakit di Musim Dingin Saat Ini

Next Article

DPP Agam Inong Aceh, Magang di Jepang Melalui HISMINU DKI Jakarta

Related Posts