Tingkatkan Kesejahteraan, Dispersip Kota Dumai Luncurkan Inovasi Trans Literasi

Hj. Raja Dona Fitri Ilahi, SKM, M.Si. (Foto Ist).

DUMAI || Ekpos.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai dalam waktu dekat ini segera melakukan inovasi program Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi (TRANS LITERASI) yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Dumai, Hj Raja Dona Fitri Illahi SKM MSi melalui keteranganya, Jum’at (26/7).

Dia mengatakan bahwa, TRANS LITERASI mencakup kegiatan peningkatan literasi masyarakat melalui upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Penguatan kerja sama stke holder terkait menjadi hal yg sangat krusial baik antar perangkat daerah, Camat, perguruan tinggi dan akademisi, penggiat literasi, Bunda literasi di Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Dumai, masyarakat serta juga media massa.

”Salah satu langkah awal adalah membangun sarana digital yang akan di gunakan untuk mempermudah proses pelaksanaan inovasi Trans Literasi ini. Kami dari Dispersip telah melakukan koordinasi dan sinergitas dengan Diskominfotiksan Kota Dumai untuk membangun sebuah aplikasi Sistem Informasi Menejemen (SIM) TRANS LITERASI berbasis web. Alhamdulillah, pertemuan itu dilaksanakan pada hari Kamis 25 Juli yang diterima langsung oleh Kadis Kominfotiksan, Bapak Drs Khairil Adli, M.Si beserta jajarannya,” ujar Raja Dona Fitri Illahi.

Lebih lanjut, Kepala Dispersip ini menyampaikan, SIM TRANS LITERASI memiliki beberapa fitur untuk melihat produk yang telah dihasilkan oleh program TRANS LITERASI, fitur marketing atau pemasaran, statistik dan program pelatihan yang telah dilaksanakan.

”Ya, nanti dengan adanya aplikasi SIM TRANS LITERASI tersebut diharapkan agar dapat menjadi alat bantu yg sangat tepat di era digitalisasi. Sehingga dapat meningkatkan proses pelaporan kegiatan program Tran Literasi lebih efektif dan efisien serta paljng lenting adalah program trans literasi ini dapat memotivasi masyarakat agar dapat lebih kreatif dan mandiri serta bisa meningkatkan keterampilan serta kreativitas dalam hal membuat produk yang bernilai jual dan memiliki manfaat guna meningkatkan kesejahteraan,” ungkapnya.

Pada era digitalisasi, Raja Dona Fitri Illahi juga berharap, sebagai pemerintah daerah khususnya dibidang layanan masyarakat harus bisa beradaptasi dengan perubahan teknologi yang sangat cepat. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi berbasis web yang akan lebih mudah dalam hal promosi, karena lebih bisa menjagkau masyarakat secara cepat. Begitu juga dengan program pelatihan yang diluncurkan juga akan memanfaatkan teknologi digital secara optimal seperti website dan aplikasi perpustakaan lainnya.

”Dalam pertemuan Dispersip dengan Dinas Kominfotiksan ini, untuk menjalin kerjasama yang diharapkan agar kita bisa mencapai tujuan menjadikan masyarakat Kota Dumai lebih berkarakter dan mempunyai daya saing. Jadi tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan literasi masyarakat yang akan menjembatani masyarakat untuk dapat hidup lebih mandiri dan sejahtera,” pungkasnya. (Red/Des).

Total
0
Shares
Previous Article

Komandan Lanal TBA Kunjungi Pulau Perbatasan Pulau Berhala

Next Article

Komunikasi Sosial TNI Dengan Komponen Pemerintah di Wilayah Kaltim

Related Posts