Pangdam IV/Diponegoro Hadiri Upacara Peringatan Hari Bakti TNI AU Ke-77

 

YOGYAKARTA || Ekpos.com – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, S.I.P, M.Si, menghadiri Upacara peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara (TNI AU) ke-77 di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara (AAU), Yogyakarta yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E, M.M, Senin (29/7/2024).

Upacara tersebut turut menggelar defile pasukan, dimana pelaksanaannya turut melaksanakan wisuda purnawira yang diikuti oleh mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

“Hadirnya Pangdam pada Upacara tersebut merupakan wujud sinergi dan soliditas antara TNI AD dengan TNI AU untuk bersama mengawal kedaulatan Indonesia sebagai garda terdepan negara,” terang Kapendam IV/Diponegoro, Letkol Inf Andy Soelistyo K. P., S.Sos, M.Tr.(Han).

Peringatan Hari Bakti TNI AU merupakan salah satu bukti kelam sejarah bangsa Indonesia dan kegigihan TNI dalam mempertahankan Indonesia dari para penjajah.

Pasalnya pada 21 Juli 1947 Belanda melancarkan Agresi I yang menyerang seluruh wilayah Indonesia, serta melanggar Perjanjian Linggarjati. Termasuk penembakan yang dilakukan pesawat pemburu P-40 Kitty Hawk milik Belanda terhadap pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan dari Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia pada saat akan mendarat di Pangkalan Udara Maguwo, sehingga mengakibatkan gugurnya tiga perintis AU. Dimana lokasi tersebut sekarang merupakan Monumen Perjuangan TNI Angkatan Udara.

Atas dasar tersebut, peringatan Hari Bakti TNI ke-77 mengangkat tema “Meneladani Heroisme dan Patriotisme Para Pendahulu, TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul dan Humanis untuk Indonesia Maju”, dengan maksud sebagai pelecut semangat kepahlawanan bagi para Prajurit penerus untuk senantiasa memperjuangkan kedaulatan Indonesia. (Red/Pendam IV/Dip).

Total
0
Shares
Previous Article

Asops Panglima TNI Buka Acara Penilaian Rentinkon Tahun 2025 Kotamaops TNI

Next Article

Danlanud Sultan Hasanuddin Hadiri Upacara Peringatan Hari Bakti Ke-77 TNI AU di Makopsud II

Related Posts