Puluhan UMKM Binaan DKUKM Tampil di Malam Culinary Nite HCS ke-6 Kabupaten Sukabumi

 

SUKABUMI || Koranprogresif.id – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Sukabumi menggelar Culinary Nite dalam Rangkaian Healthy Cities Summit (HCS) ke-6 Tingkat Nasional Tahun 2024, di Pantai Karanghawu, Kecamatan Cisolok, Senin (29/07/2024).

Untuk kegiatan ini melibatkan puluhan palaku UMKM binaan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sukabumi. Semua UMKM menyuguhkan hidangan khas Sukabumi.

Suasana hangat dan penuh keakraban mewarnai suasana Malam Culinary Nite HCS 6/2024. Semua peserta dan tamu undangan HCS berbaur dan menikmati sajian aneka kuliner yang dipusatkan dislah satu ikon pariwisata Kabupaten Sukabumi itu. Mereka menikmati sekali kuliner sesuai dengan selera masing-masing.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas KUKM Kabupaten Sukabumi, Virly Virliana mengungkapkan, untuk menyambut malam Culinary Nite tersebut, DKUKM Kabupaten Sukabumi mengajak dan mempersiapkan para pelaku UMKM dari berbagai bidang usahanya.

“Kami persiapkan 30 an UMKM yang ada di Kabupaten Sukabumi, dengan prioritas pelaku usaha yang terdekat. Selain itu kita juga mengajak dinas yang lain, seperti Dinas Pariwisata dan Kecamatan untuk bergabung disini. Tetapi yang lebih banyak adalah binaan DKUKM,” ungkap Virli.

Virli menyebut, semua kuliner yang disajikan pada malam Culinary Nite tersebut tentunya bagi UMKM yang sudah melewati uji kelayakan keamanannya melalui Dinas Kesehatan.

“Insya Allah makanan dan minuman yang disajikan disini layak konsumsi. Karena keamanannya sudah melalui proses uji di Dinas Kesehatan,” sebut Virli.

Pada stand lain dari salah seorang pelaku UMKM asal Cisaat, Siti Hapsah (48) menuturkan, dirinya merasa senang bisa menjadi bagian dari malam Culinary Nite kegiatan HCS tersebut.

“Saya senang bisa ikut jualan disini. Dan gak nyangka produk yang saya jual bisa laris,” tutur penjual kue bolu kukus itu.

Ditanya terkait omset, Hafsah menyebutkan, cukup fantastis bisa melebihi dari penjualan sehari-hari dirumahnya.

“Alhamdulillah, pendapatan saya hari ini biasa nyampe 2-3 jutaan. Bersyukur banget jam segini sudah hampir habis. Mereka sangat suka dengan produk saya, buktinya ada yang minta saya jualan terus,” tambah Hafsah.

Senada dari stand Dila, penjual Cilor asal Sukaraja juga mengatakan hal yang sama. Dirinya sebagai pelaku UMKM merasa terhormat atas ajakan DKUKM untuk menjadi bagian.

“Saya merasa terhormat bisa menjadi bagian pada malam Culinary Nite. Produk saya bisa dinikmati oleh peserta dari luar Sukabumi,” kata Dila.

Pun terkait pendapatan, Dila menyebut, aaa perbedaan antara jualan di rumah dengan di lokasi Culinary Nite. Katena yang datangnya ratusan orang.

“Lumayanlah bisa nambah penghasilan, biasanya kalau jualan di rumah yang beli paling puluhan orang, disini mah Alhamdulillah banyak,” sebut Dila yang tidak menyebutkan berapa omsetnya.

Berdasarkan pantauan, tidak lebih dari dua jam, semua barang dagangan yang disajikan oleh pelaku UMKM pada malam Culinary Nite tersebut sudah habis terjual. (Aki Yunus).

Total
0
Shares
Previous Article

Puluhan UMKM Binaan DKUKM Tampil di Malam Culinary Nite HCS ke-6 Kabupaten Sukabumi

Next Article

Kapuspen TNI Berikan Reward Kepada Prajurit Berprestasi dan Lepas Prajurit Mutasi Keluar PuspenTNI

Related Posts