Dikunjungi  FU UIN  Jambi, Prodi Ilmu Hadis FU UIN  Bandung Siap Kolaborasi Sinergis

Ketua Jurusan Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Agus Suyadi Raharusun, Lc. M.Ag.,di damping oleh sekretaris jurusan Dr. Aceng Abdul Kodir, M.A Hum., bertekad membangun kolaborasi sinergis dengan FU UIN STS Jambi/dok.Istimewa

Bandung, Ekpos.com

Sebanyak 32 rombongan dari Fakultas Ushuludin dan Studi Agama UIN Sultan Thaha Saifuddin   Jambi melakukan Benchmarking ke Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung, Selasa,6 Agustus 2024, bertempat di Lantai 1, Gedung FU.

Tamu Rombongan disambut hangat  dan penuh suka cita oleh Dekan FU UIN SGD Bandung, Para Wadek, Ketua/Sekretaris program studi dan Kabag TU, serta para tendik. Acara benchmarking bertujuan  untuk meningkatkan tali silaturahim ilmiah,menciptakan kerjasama dan bersinergi guna meningkatkan lingkungan akademik yang lebih baik.

“ Kami menyambut dengan suka hati dan tangan terbuka atas benchmarking Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Jambi ke Fakultas Ushuludin UIN Bandung, kami berharap pertemuan kedua institusi ini menjadi langkah awal yang positif  untuk membangun kerjasama sinergis dalam meningkatkan dan mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi” Ungkap Dekan FU UIN SGD Bandung, Prof.Dr.Wahyudin Darmalaksana, M.Ag saat menyambut tamu rombongan.

Sementara, Dekan Fakultas Ushuludin dan Studi Agama UIN Sultan Thaha  Saifuddin Jambi, Prof.Dr.Kasful Anwar, M.Pd mengapresiasi sambutan hangat dari dekan FU UIN Bandung sekaligus mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan hangatnya.

“ Alhamdulillah kami bisa melakukan Benchmarking ke FU UIN Bandung, kami berharap pertemuan ini bisa membawa kemajuan dalam bidang penelitian, pengajaran dan pengabdian Masyarakat” ujarnya.

Menurutnya, FU UIN Jambi perlu belajar dan berguru kepada FU UIN bandung yang sudah meraih bnbanyak prestasi baik nasional maupun internasional. Acara Benchmarking dilanjutkan pada momen penting yaitu penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

 

MoU ini diharapkan menjadi landasan kuat untuk kerjasama lebih lanjut dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Acara ini pun dilanjut dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoA) oleh para Ketua Jurusan. Tamu rombongan diberi kesempatan untuk mengunjungi tiap prodi untuk berbagi pengalaman dibidang akademik.

Program studi Ilmu Hadis menjadi salah satu destinasi kunjungan. Ketua Jurusan Ilmu Hadis UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Dr. Kaylani, M.Ag., di dampingi sekertaris jurusan Dr. Baharuddin, M.Ag., bertukar informasi seputar perkembangan jurusan dengan Ketua Jurusan Ilmu Hadis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Agus Suyadi Raharusun, Lc. M.Ag.,di damping oleh sekretaris jurusan Dr. Aceng Abdul Kodir, M.A Hum., di dalam perbincangannya kedua belah pihak membahas berbagai hal, mulai dari sebaran mata kuliah di program studi masing-masing, strategi penerimaan mahasiswa, hingga rencana pertemuan Asosiasi Ilmu Hadis. Dalam kesempatan itu, pembahasan tentang jurnal menjadi daya tarik tersendiri.

Ketua Prodi  Ilmu Hadis UIN Bandung  memperkenalkan Jurnal DIROYAH dan memberikannya sebagai kenang-kenangan.Dalam kesempatan ini juga kedua prodi bersepakat untuk menjajagi

Kerjasama perkuliahan MBKM dengan obyek luar negeri dalam bentuk shortcourse  kejurusanan Bersama mitra yang dimiliki keduanya.Selain itu untuk mengekplorasi  potensi dan prestasi mahasiswanya, kedua belah pihak   siap berkolaborasi dalam event kompetisi nasional kejurusanan  yang melibatkan beberpa Prodi Ilmu Hadis lintas provinsi di Indonesia dibawah payung KULMINAS (Kompetisi Mahasiswa Ushuludin Nusantara). Even ini akan menjadi ajang silaturahmi dan kompetisi akademik -non akademik Tingkat nasional bagi mahasiswa Ilmu Hadis se Indonesia.***

Total
0
Shares
Previous Article

Resmi Dibuka, Turnamen Sepak Bola Antar UPT Kemenkumham Korwil Ciayumajakuning Diikuti 9 Tim

Next Article

Dugaan Malpraktek, Usai Operasi Usus Buntu Kamelia Alami Pelemahan dan Kerusakan Syaraf di RS. PELNI diPolisikan

Related Posts