Hebitren Provinsi DK Jakarta, Gelar Pelatihan dan Pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah & Daerah Periode 2024-2029

 

JAKARTA || Ekpos.com – Hebitren Provinsi DK Jakarta menggelar acara Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin – Rabu, 12-14 Agustus 2024 yang dibuka oleh K.H Sofwan Yahya. Lc.M.Hum sebagai Ketua Umum HEBITREN DK Jakarta.

Dalam acara pelatihan, sekaligus pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) DK Jakarta periode 2024-2026 dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) periode 2024-2029 yang terbagi menjadi 4 wilayah: DPD Jakarta Timur, DPD Jakarta Barat, DPD Jakarta Selatan dan DPD Jakarta Utara.

Melalui keterangannya, Rabu (14/8), Ketua DPD Jakarta Timur, Ustad H. Zaenul Muttaqin, SE, M.Pd mengungkapkan bahwa, Hebitren (Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren) merupakan organisasi yang bertujuan untuk mengembangkan potensi ekonomi pesantren di Indonesia melalui prinsip-prinsip syariah.

Acara ini bertujuan memperkuat peran pesantren dalam menggerakkan ekonomi syariah sebagai alternatif dari sistem ekonomi konvensional, tandasnya.

“Acara pelatihan dan pengukuhan ini diharapkan dapat memperkuat peran Hebitren dalam mengembangkan ekonomi syariah di wilayah Jakarta dan menjadi inspirasi bagi pesantren-pesantren lain di seluruh Indonesia,” pungkas pria Kelahiran asli Kota Wali Demak ini.

Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan sesi pemetaan potensi ekonomi pesantren dan pitching bisnis pesantren yang dipandu oleh Coach dari IDAS Pelatih Indonesia, Desrida Tokenta dan Toto Budiharto. Sesi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memaksimalkan potensi ekonomi pesantren sehingga dapat dipasarkan ke masyarakat luas.

Selanjutnya, pengarahan disampaikan oleh Ketua Umum (Dewan Pengurus Pusat) DPP Hebitren, Dr. KH. Hasib Wahab Hasbullah dan Sekretaris Jenderal DPP Hebitren, KH. Reza Fahlevi Bakhtiar. Ph.D.

Mereka menggarisbawahi visi besar Hebitren dalam mewujudkan pesantren sebagai basis ekosistem ekonomi syariah dalam mewujudkan solusi alternatif yang berkelanjutan.

Acara hari pertama diakhiri dengan Musyawarah Kerja Wilayah (Musykerwil) (Dewan Pengurus Wilayah) DPW DKI Jakarta yang menghasilkan roadmap Hebitren serta sinergi program kerja antar Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hebitren.

Hari kedua, kegiatan difokuskan pada upgrading pengurus DPW dan DPD Hebitren yang diisi oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Sahminan, Sekjen DPP Hebitren, Kepala Dinas PPKUKM dan Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta.

Setelah itu, dilakukan pelantikan dan pengukuhan pengurus Hebitren DPW Provinsi DKI Jakarta dan DPD se-DKI Jakarta.

Acara ini juga diramaikan dengan sesi Bisnis Matching yang melibatkan Hebitren dan beberapa mitra kerjanya, seperti Direksi PT. Mitranet, Direksi Bank DKI, PT. Pegadaian Syariah, PT. Jamkrindo Syariah, Laundry Jordan dan Kaffah Group.

Sebagai penutup, acara hari ketiga diisi dengan Sarasehan Success Story dari Ketua Hebitren DPW Jawa Timur, Gus Faiz Ahz, Ketua Hebitren Jawa Barat, Gus Irawan dan Ketua Hebitren DPW Lampung, Gus Hasanudin Errezha. Mereka berbagi kisah sukses dalam mengelola dan mengembangkan ekonomi pesantren di wilayah masing-masing. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Nestlé MILO Gelar Penanaman 15.000 Mangrove dari Donasi “MILO ACTIV Indonesia Race 2023”

Next Article

Berdayakan Peternak, LAZNAS Bakrie Amanah Gelar Peresmian Program Agri Zakat Budidaya Sapi di Lampung Tengah

Related Posts