Seskoad Gelar Focus Group Discussion (FGD) Litbanghan I Sismet TA 2021

Bandung – ekpos.com – Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Danseskoad), Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A., membuka kegiatan _Focus Group Discussion_ (FGD) Litbanghan I Sismet TA 2021 tentang Analisis Gelar Kekuatan Matra Darat dalam Rangka Memperkuat Wilayah Pertahanan Ibu Kota Negara, Kamis (17/6/2021) di Gd. Prof. Dr Satrio Seskoad.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Seskoad, para pejabat struktural Seskoad, Paban I Sintelad, Paban III Tahwil sterad, Paban I Jaksrenstra, Paban I Rensopsal, Paban I Rensopau, Paban IV Opsdagri, para Kasubdit Wilayah Laut, Udara, dan Darat. perwakilan TNI AD kodam VI/Mlw, perwakilan pemprov Kaltim, perwakilan Pemda PPU, perwakilan Polres PPU, serta para pakar penanggap yang hadir pada Focus Group Discussion yakni Bapak Andi Widjayanto dan Bapak Dr. Kusnanto Anggoro.

Pelaksanaan FGD diawali dengan Paparan Kapokja tentang permasalahan penelitian serta laporan penelitian tentang Analisis Gelar Kekuatan Matra Darat dalam Rangka Memperkuat Wilayah Pertahanan Ibu Kota Negara untuk menjawab permasalahan sesuai temuan Tim Pokja pada saat pengumpulan data maupun analisa data penelitian.

Dan dilanjutkan dengan Moderator menyampaikan, tujuan dan latar belakang FGD serta memperkenalkan Tim Pokja maupun penanggap.

Mekanisme diskusi bersifat dua arah yang berbentuk pertanyaan peserta FGD kepada Panel yang terdiri dari Tim Pokja dan penanggap, yang selanjutnya ditanggapi oleh Panel maupun tanggapan Peserta FGD yang bisa dijawab oleh peserta FGD lainnya.

Adapun kesimpulan yang dirumuskan pada kegiatan FGD tersebut yakni; Perlu adanya pendalaman lebih lanjut dalam perencanaan gelar kekuatan matra darat sampai dengan level Force Element, sehingga dapat ditonjolkan kekhususan dari Kodam IKN (Ibu Kota Negara) jika dibandingkan dengan Kodam Penyangga maupun Kodam Lainnya yang saat ini sudah tergelar. dan masukan yang didapat pada saat FGD tersebut adalah konsep gelar kekuatan kodam IKN dan Kodam Penyangga agar disesuaikan dengan proyeksi transformasi militer 2045 yang sedang dikonsep Lab 45 (Gambar 2).

Konsep gelar kekuatan kodam IKN dan Kodam Penyangga harus dapat menghadapi jenis perang masa depan yang bersifat; Total, Full Spectrum dan Konvensional (Gambar 3).

Sehingga kekuatan TNI AD di Kodam IKN diharapkan memiliki keunggulan didalam Fire Power, Strategic Mobility dan Force Mobilization.

Selama kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan mempedomani ketentuan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan dan penularan Covid-19. (Red/Penseskoad).

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article

Sidang Paripurna Hari Jadi Kota Cimahi ke-20

Next Article

Pos Instan, Kiriman Bergaransi dari PT Pos

Related Posts