Raih 24 Medali, UIN Bandung Sabet Juara Umum PESONA I

UIN Bandung sbg juara umum dlm PESONA I 2022, dengan meraih 24 medali/ dok.photo diktis kemenag RI

Bandung, ekpos.com

UIN SGD Bandung sukses menyabet juara umum dengan meraih 24 medali ( 9 Emas, 7 Perak, dan 8 Perunggu) dalam gelaran Pekan Seni dan Olahraga (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun 2022,Senin-Sabtu (08-13/08/2022).

Perhelatan PESONA I PTKN 2022 diikuti oleh 62 PTKN se-Indonesia, dengan total peserta lomba 3.549 orang yang terdiri dari 24 UIN, 29 IAIN, 5 STAIN dan 4 PTKN (UHN I Gusti Bagus Sugriwa, IAKN Kupang, STAKN Pontianak dan STABN Sriwijaya Tangerang).

Kejuaraan ini memperebutkan medali dari 22 cabang perlombaan yang terdiri dari 12 cabang perlombaan Bidang Seni; Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqoh Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Pop Solo Islami, Cipta Lagu Islami, Musikalisasi Hadits, Puitisasi Terjemah Al-Qur’an, Qosidah Modern, Kaligrafi, Film Pendek, Stand Up Comedy, dan Monolog. 10 cabang pertandingan Bidang Olahraga; Tenis Meja, Catur, Pencak Silat (seni), Karate (Seni/Kata), Taekwondo (seni), Volleyball, Bulu Tangkis, Basketball, Futsal dan Panjat Tebing.

Inilah daftar peraih medali PESONA I :

  1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai juara umum I dengan perolehan 9 Emas, 7 Perak, dan 8 Perunggu total 24 medali.
  2. UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai juara umum II dengan perolehan 7 Emas, 4 Perak, dan 2 Perunggu total 13 medali.
  3. UIN Raden Fatah Palembang sebagai juara umum III dengan perolehan 7 Emas, 0 Perak, dan 1 Perunggu total  8 medali.

Prof.Dr Mahmud MSi, CSEE mengucapkan, “Alhamdulillah. Bersyukur kepada Allah SWT. Saya atas nama pimpinan mengucapkan terimakasih kepada ketua kontingen, dewan juri, pembina, pelatih, official, atlit, panitia, termasuk satpam, OB, protokoler atas suksesnya penyelenggaraan PESONA yang membuahkan hasil Juara Umum. Saya berharap kita tidak boleh hanya berhenti sampai disini. Karena tanpa kerja sama dan sama-sama berkerja prestasi yang membanggakan ini tidak akan tercapai,” ucap rektor.

Ia berpesan supaya  terus meningkatkan prestasi, kualitas mahasiswa dalam rangka memajukan dan meningkatkan marwah kampus. “saya berharap civitas akademika lebih menguatkan lagi untuk bagaimana prestasi-prestasi yang sudah ada kita pertahankan, yang belum kita dapatkan harus kita buat. Buat kita tidak ada prinsip siap untuk tertinggal, tetapi kita selalu punya prinsip harus dan berusaha untuk mengedepankan kebersamaan kita dalam rangka mencapai prestasi yang membanggakan,” tandasnya.

Wakil Rektor III, Prof Dr H Ah Fathonih MAg menuturkan 9 Emas itu untuk ketegori Taekwondo (Poomsae) Tunggal Putra, Pop Lagu Islami, Monolog, Karate (Seni/Kata) Tunggal Putri, Kaligrafi Dekorasi, Kaligrafi Naskah, Bulu Tangkis Tunggal Putri, Bulu Tangkis Ganda Putra, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) Beregu

7 Perak untuk kategori Stand Up Comedy, Pencak Silat (Seni) Tunggal Putra, MHQ 10 Juz Putri, Kaligrafi Digital, Bulu Tangkis Tunggal Putra, Bulu Tangkis Ganda Putri, Futsal Putra

8 Perunggu meliputi Qasidah, MHQ 30 Juz Putra, Tenis Meja Tunggal Putri, Catur Klasik Putri, Karate (Seni/Kata) Tunggal Putra, Puitisasi Al-Qur’an Putra/Putri, Volleyball Putri, Volleyball Putra.

“Alhamdulillah, kampus tercinta mendapatkan Piala Bergilir Menteri Agama, Piala Juara Umum, piagam penghargaan, uang pembinaan. Saya atas nama pribadi menyampaikan ucapan terimakasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya buat peraih juara yang telah menorehkan prestasi membanggakan di ajang PESONA I PTKN dan tetap semangat, terus berlatih, belajar, karena bagi saya yang belum berkesempatan meraih mendali  tetap Sang Juara. Tentunya segala prestasi ini dapat mengharumkan nama UIN Bandung di kancah nasional maupun internasional”,katanya. (SAL)

Total
0
Shares
Previous Article

H. Maslani: Kesuksesan Berkat Do'a Orang Tua

Next Article

Bank bjb Komitmen Dorong Kemajuan UMKM Tembus Pasar Internasional

Related Posts