DANPUSHIDROSAL HADIRI PERTEMUAN DEWAN IHO YANG KE-7 DI MONACO

 

Jakarta – ekpos.com, 18 Oktober 2023 Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat menghadiri pertemuan Dewan International Hidrographic Organization (IHO) Ke-7 yang berlangsung di IHO Secretariat Monaco selama 3 hari dari tanggal 17-19 Oktober 2023.

Pertemuan Dewan IHO Ke-7 secara resmi dibuka oleh Sekjen IHO Mathias Jonas pada hari Selasa 17 Oktober 2023, Danpushidrosal didampingi oleh Kasubdis Peta Navlek Letkol Laut (KH) Mohammad Qisthi Amarona serta Kapten Laut (E) Lalu Kurnia Darmawan.

Pertemuan tersebut dihadiri 74 partisipan delegasi dari 34 negara anggota IHO yang merupakan representasi dari ketua komisi hidrografi regional serta perwakilan 10 negara yang memiliki predikat “hydrographic interest” berdasarkan top 10 Tonase dimana Indonesia masuk dalam peringkat ke-4, walaupun saat ini Indonesia juga menjadi Ketua di dua komisi hidrografi regional yaitu East Asia Hydrographic Commission (EAHC) dan North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC). Sehingga peran Indonesia yang diwakili oleh Pushidrosal memiliki peran yang sangat penting dalam Dewan IHO untuk membawa aspirasi kepentingan hidrografi Indonesia sebagai negara yang memiliki asset maritim yang besar.

Dewan IHO bertugas mengoordinasikan seluruh kegiatan IHO dalam rangka pemetaan laut dunia yang meliputi penyusunan kerangka strategi, program kerja dan pengaturan keuangan, meninjau proposal yang diajukan oleh organisasi yang terkait, mengusulkan pembentukan komite dan organ IHO, serta meninjau rancangan perjanjian antara IHO dengan organisasi lain sehingga diharapkan kinerja IHO dapat berjalan efektif dan efisien.

Beberapa isu lain yang di bahas diantaranya adalah penyusunan Roadmap Implementasi Standar pemetaan laut S-100 khususnya dalam mengantisipasi Dual-fuel atau masa transisi penggunaan ENC S-57 dan S-100 serta Pembangunan Global Marine Spatial Data Infrastrtucture khususnya Marine Protected Area guna mendukung program PBB yang terkait dengan perlindungan lingkungan laut.

Beberapa isu yang dibahas menunjukan bahwa fokus IHO saat ini adalah mempersiapkan standar produk peta digital untuk mendukung navigasi masa depan serta dapat mendukung program perlindungan lingkungan laut dunia.

(Red)

Total
0
Shares
Previous Article

Delegasi Militer Arab Saudi dan TNI Bertemu Bahas Kerja Sama Pembinaan Mental Prajurit

Next Article

Klarifikasi TNI Terkait Hoax Penetapan Masa Dinas Personel TNI

Related Posts