Rutan Cirebon Gelar Pemeriksaan HIV/AIDS ke Warga Binaan

Cirebon – ekpos.com – HIV (human immunodeficiency virus) sendiri adalah virus yang menyerang dan menghancurkan sel-sel dalam sistem kekebalan tubuh.

Tes HIV merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk menunjukkan jika seseorang terinfeksi HIV atau tidak dan bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin.

Atas dasar tersebut, sebanyak 43 warga binaan Rutan Kelas I Cirebon mendapatkan pemeriksaan atau skrining HIV/AIDS berkerja sama dengan Puskesmas Pesisir Skrinning HIV/AIDS.

Puluhan warga binaan tersebut merupakan tahanan baru dan masuk di pertengahan bulan November sampai dengan awal Desember 2023 ini.

Petugas Medis Rutan, Muchtar menyampaikan jegiatan ini merupakan kerjasama Rutan Cirebon bersama Puskesmas Pesisir yang rutin dilaksanakan dan programkan. Kegiatan Juga sebagai upaya pihaknya dalam pengendalian penyakit.

“Berkat kerjasama dengan Puskesmas Pesisir kegiatan ini dapat terlaksana dengan rutin, mudah-mudahan hasil dari vct ini untuk HIV AIDS itu rendah atau bahkan nihil,” ujarnya.

Masih kata dia, tindakan ini sebagai upaya untuk pengendalian penyakit HIV AIDS dan infeksi menular seksual, walaupun ditemukan kasus, bisa  ditindaklanjuti dengan pemberian obat rutin.

“Saya harap mereka pengidap HIV/AIDS masih bisa tetap sehat dan produktif seperti warga binaan yang lain,” pungkasnya.

Total
0
Shares
Previous Article

Ratusan Warga Binaan Rutan Cirebon Ikuti Senam Aerobik, Jaga Kebugaran Tubuh

Next Article

Antisipasi Penyelundupan, Rutan Cirebon Perketat Lalu Lintas Barang Maupun Pengunjung

Related Posts