Mengokohkan Sinergi, Langkah Proaktif Penanggulangan Bencana di Trenggalek

Trenggalek – ekpos.com – Langkah proaktif dan sinergis dalam penanggulangan bencana menjadi fokus utama saat Pasi Ops Kodim 0806/Trenggalek Kapten Inf Agus Setiawan turut serta dalam rapat koordinasi Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Multisektor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek.

Acara tersebut berlangsung di Gedung Bhawarasa Lantai 2 Kabupaten Trenggalek dengan pembukaan yang dipimpin oleh Asisten 1, dr. Saeroni, M.M.R.S mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Kamis (21/3/2024).

Tujuan utama dari rapat koordinasi ini adalah untuk menjalin silaturahmi, berbagi informasi serta solusi, dan menyelaraskan kebijakan terkait penanggulangan bencana.

Dalam rapat tersebut, diharapkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera mengambil tindakan sesuai dengan peran masing-masing demi percepatan dalam penanganan bencana.

Rapat ini tidak hanya sekadar pertemuan, melainkan momentum untuk mengokohkan jaringan kerjasama, berbagi informasi, dan merumuskan kebijakan yang lebih efektif dalam menghadapi tantangan bencana. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan segera bertindak sesuai dengan perannya masing-masing guna mempercepat respons dalam situasi darurat.

Paparan dari Drs. Gatot Satria Wijaya S, M.Si, Kasubdit Fasilitasi Penyelamatan dan Evakuasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggarisbawahi peran strategis BPBD sebagaimana diatur dalam Pasal 15 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002. BPBD tidak hanya bertugas sebagai koordinator dan komando dalam situasi darurat, tetapi juga turut serta dalam rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

TRC memiliki peran sentral dalam melakukan penilaian cepat, menyediakan bantuan, dan menyampaikan rekomendasi yang dibutuhkan dalam penanganan bencana. Sebagai langkah nyata dalam mendukung upaya bersama, Kodim 0806/Trenggalek dan Polres Trenggalek menerima bantuan berupa satu unit Chainsaw dan satu unit mesin pompa Alkon dari BPBD.

Dalam kesempatan terpisah, Pasi Ops Kodim 0806/Trenggalek, Kapten Inf Agus Setiawan, memberikan apresiasi kepada seluruh anggota TRC-PB yang telah aktif dalam penanganan bencana di wilayah Trenggalek.

Dengan adanya sinergi antarlembaga dan dukungan aktif dari seluruh pihak terkait, diharapkan penanggulangan bencana di Kabupaten Trenggalek dapat terus ditingkatkan untuk melindungi dan membantu masyarakat dalam menghadapi situasi darurat. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Satria Putra Anda "Kelimpungan" Gara-gara Dompetnya Raib

Next Article

Janjian Lewat Medsos, Polsek Ciledug Amankan 11 Remaja Hendak Perang Sarung

Related Posts