Perwatusi Ajak Masyarakat Peduli Tulang

JAKARTA || Ekpos.com – Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) kembali menggelar acara puncak Hari Osteoporosis Nasional 2024 dengan tema “Gerakan Bersatu Peduli Tulang Kuat Indonesia”.

Acara yang dihadiri ribuan masyarakat ini, diadakan di Plaza Utara Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (27/10), berlangsung dari pagi hingga sore. Berbagai rangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan tulang dihadirkan untuk masyarakat luas, termasuk senam bersama dan talk show interaktif.

“Kesehatan tulang merupakan salah satu faktor penting yang sering diabaikan. Melalui acara ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan bersatu dalam menjaga kekuatan tulang, karena tulang yang kuat adalah kunci untuk kehidupan yang sehat dan aktif di usia lanjut,” kata Ketua Umum Perwatusi, Anita A Hutagalung, dalam sambutannya.

Acara dibuka dengan Gebyar Senam Osteoporosis Perwatusi, yang diikuti ribuan peserta dari berbagai kalangan. Senam ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya olahraga ringan namun efektif dalam menjaga kesehatan tulang.

“Dengan senam rutin, kita dapat mengurangi risiko osteoporosis sejak dini,” kata Anita Hutagalung.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan Bincang Sehat Entrasol yang menghadirkan Surya Saputra sebagai Bintang Tamu, Dr Andi Kurniawan.Sp.Ko, dr Adeline, dimoderatori oleh dr. Lula Kamal. Mereka membagikan pengalaman, juga tips dalam menjaga kesehatan tulang melalui gaya hidup sehat dan konsumsi makanan bernutrisi tepat. Sesi ini memberikan tips praktis untuk menjaga kepadatan tulang terutama bagi mereka yang aktif bekerja.

Menurut dr. Adeline Devita, sebagai tambahan nutrisi setiap hari, Entrasol menghadirkan produk dengan nutrisi lengkap yang menjaga kesehatan sinergi antara tulang, otot dan jantung yaitu Entrasol Gold dengan Pro-Fit Formula, susu tinggi kalsium, vitamin D dengan ekstrak buah zaitun. Kombinasi unik formula ini dapat membantu penyerapan kalsium lebih baik sehingga mendukung proses pembentukan dalam remodelisasi tulang menjadi lebih cepat dan mempertahankan kepadatan
tulang sehingga tidak mudah keropos, serta dilengkapi kandungan tinggi serat, omega 3 dan 6, serta tanpa penambahan gula.

“Ekstrak buah zaitun dengan kandungan zat aktif Hydroxytyrosol memiliki manfaat antioksidan 4x lebih kuat daripada vitamin C dan anti inflamasi alami yang mampu menangkal radikal bebas, mendukung kesehatan tulang, membantu mencegah osteoporosis, dan membantu menjaga kesehatan jantung,” jels dr Adeline.

Selain itu, ada juga sesi Gerak dan Lagu yang dibawakan bersama antara Kolintang Indonesia, dan Instruktur Perwatusi dengan mengajak peserta bergerak mengikuti irama lagu, menggabungkan unsur lagu diiringi gerakan untuk menjaga kebugaran fisik. Sesi ini dirancang untuk segala usia dan sangat diminati oleh para lansia.

Sebagai salah satu highlight acara, Talk Show Lansia Sehat dan Bugar dihadirkan oleh Perwatusi, menghadirkan Prof.Dr Liche Setiani. MSi, Psikolog, Dr Ade Tobing Sp.KO dan DR Fahmi Fachrezy dengan tema “Lansia Bugar dan Bahagia”, di mana nara sumber berbagi tips untuk Lansia agar terap bugar, juga bahagia dan tetap menjaga kesehatan tulang yang sehat di usia lanjut.

Acara ini memberikan pengetahuan tentang bagaimana mencegah penurunan kepadatan tulang dengan pola makan dan aktivitas fisik yang tepat.

Penutupan rangkaian kegiatan diisi dengan Move for Bone Strength, dipandu oleh Fahmi Obix Master, terkenal dengan gerakan-gerakan olahraga yang fokus pada penguatan tulang. Partisipan tampak diajak untuk aktif bergerak agar dapat meningkatkan kesehatan tulang secara signifikan.

Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan tulang masyarakat Indonesia, secara simbolis Entrasol menyerahkan donasi sebesar 100 juta rupiah kepada Perwatusi. Dana ini akan digunakan untuk mendukung berbagai program kesehatan tulang yang sedang dan akan dijalankan oleh Perwatusi.

Dengan terselenggaranya acara yang didukung penuh oleh Entrasol dan Purnomo Yusgiantoro Center ini, Anita Hutagalung berharap, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tulang, serta mendukung gerakan-gerakan yang mempromosikan pola hidup sehat untuk tulang yang kuat di masa depan. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Wadankodiklat TNI Tutup Open Tournament Pencak Silat Piala Panglima TNI Tahun 2024

Next Article

Milenial Cyber Media, Segera Launching Platform Anak Muda

Related Posts