Dandim 1015/Sempit Dampingi Danrem 102/Pjg, Kunjungi Rumah Produksi Mentaya Sweet

 

Kotawaringin Timur – ekpos.com – Selain melaksanakan Pembukaan Geladi posko 1 dan 2 Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E, M.M Beserta Rombongan juga mengunjungi Rumah Produksi Mentaya Sweet yang terletak di Jalan Wengga Metropolitan, Kec. Baamang, Kotawaringin Timur, Kamis (03/02)).

Rumah Produksi Mentaya Sweet merupakan milik PT. Rimba Makmur Utama. Rumah produksi ini memiliki produk unggulan berupa Gula Kelapa, VCO, Kacang Mete dan Kopi. Untuk bahan baku produksinya, rumah produksi ini memberdayakan masyarakat sekitar. Ini sebagai upaya untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat tanpa harus membuka hutan.

Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E, M.M dalam kesempatan tersebut, mengapresiasi Rumah Produksi Mentaya Sweet karena dalam usahanya memberdayakan masyarakat. Sehingga masyarakat tidak lagi membuka hutan yang beresiko mengakibatkan Karhutla.

“Dengan masyarakat diberdayakan tentunya mereka akan mendapatkan pekerjaan. Ini bisa mendukung dalam upaya pencegahan Karhula,” kata Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E, M.M.

Sedangkan, Dharsono Hartono, selaku Derektur Utama PT. Rimba Makmur Utama menyampaikan bahwa, perusahaan yang dipimpinnya melakukan program pemberdayaan masyarakat.

“Masyarakat kita kasih modal dan bibit diantaranya Mete dan Kelapa. Adapun hasilnya kita beli dan produksi sendiri dan kita bantu pasarkan. Selain ada mete ada juga gula kelapa dan minyak VCO serta ada lagi kopi. Saat ini kita program pengembangan kopi sama jahe merah,” ujar Derektur Utama PT. RMU

Dandim 1015/Sampit, Letkol Inf Abdul Hamid menambahkan, dengan adanya pemberdaya masyarakat melalui rumah produksi diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat tanpa harus membuka hutan kembali.

Dengan ini, manisnya kelapa, akan terus ada sepanjang tutupan pohon hutan terjaga. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Wujud Peduli Sesama, Ketua Persit KCK Koorcabrem 102 PD XII/Tpr Gelar Baksos

Next Article

Dandim 1015/Sampit Dampingi Danrem 102/Pjg, Kunjungi Rumah Produksi Mentaya Sweet

Related Posts