Padukan Fikir dan Dzikir, Prof.Ajid Thohir  Siap  Bangun Kesadaran Spiritual di Kampus

Wakil Direktur I Pasca Sarjana UIN SGD Bandung siap padukan Sains Modern, Sosial-Humaniora dan Spiritualitas untuk membangun kemanusian dikampus./dok istimewa

Bandung, ekpos.com

Kontestasi pemilhan rektor UIN SGD Bandung telah memberi ruang sekaligus peluang kepada siapa saja yang memenuhi kualifikasi untuk ikut berkompetisi  menjadi orang nomer satu di kampus Islam terbesar di jawa barat ini.

Salah satu orang hebat yang ikut berkontestasi adalah Prof.Dr.Ajid Thohir, M.Ag., CHCS.Pria kelahiran Serang ini, terpanggil hati untuk berdedikasi, berkontribusi membangun institusi menjadi kampus yang melahirkan generasi Qurani.

Pria yang berpenampilan Low Profile ini, sangat mengapresiasi kepemimpinan UIN Bandung sekarang  yang mampu bersaing dan bisa mencapai prestasi dan  prestise ditingkat regional dan  nasional.

“ Alhamdulilah, Kampus UIN Bandung dipimpin Prof. Mahmud mencapai prestasi yang luar bisa, saya sebagai bagian dari civitas akademika ingin berpartisipasi dan berkontribusi dengan kemampuan serta  ilmu yang saya dapatkan  untuk merawat sekaligus mengembangkan ke arah yang lebih baik dan maju,” ungkap Prof.Ajid, di Gedung Pasca Sarjana, Rabu, (7/06).

Dengan kapasitas dan integritasnya, Ajid tampil  membawa  obsesi dan gagasan besar untuk membangun kampus  dengan meluncurkan Program IHSAN. Ia bertekad untuk mengsinergiskan Sains modern, ilmu sosial-humaniora dan spirituality  untuk mengembangkan  dunia kemanusiaan.

Wakil Ketua Tanfidziyyah PWNU Jabar ini,  ingin memasukan kesadaran spiritual di dunia ilmu kampus.” Saya ingin  tidak hanya konsep dan  hasil intelektualitas saja tetapi bagaimana konsep tersebut diikuti oleh kesadaran rohaniah dari pada pemilik ilmu nya.” terang Ajid.

Bukan hanya itu,Ia juga  ingin aspek spiritual dikembangkan atau disemaikan kepada mahasiswa bahwa ilmu itu pertanggungjawabkan bukan  kepada manusia tetapi kepada Tuhan dan alam semesta.

Diuraikan Ajid, Ihsan secara konseptual adalah perpaduan nilai Iman dan Islam sebagai dasar dan nilai filosofis dalam mewujudkan pengembangan kampus yang unggul dan kompetitif. Ihsan merupakan sikap mental seorang individu untuk melakukan kebaikan dan kebajikan seakan-akan dia melihat Allah, jika tidak melihat-Nya, pasti Allah melihatnya.

“ Sikap mental ihsan ini lahir dari kekuatan iman dan islam. Ihsan ini sangat dibutuhkan oleh seluruh civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung untuk mewujudkan kampus unggul dan kompetitif. “ terangnya.

Menurutnya, sikap ihsan ini sangat terkait dengan sikap seorang sufi yang merupakan sikap mental yang selalu memelihara kesucian diri, istiqomah dalam beribadah dan beramal, hidup sederhana, rela berkorban untuk kebaikan dan selalu bersikap bijaksana yang berimplikasi pada aktivitas kampus yang mampu memadukan nilai-nilai keagamaan, ilmu sosial humaniora dan sains modern untuk pengembangan sosial budaya kemasyarakatan yang lebih maju.

Dijelaskan Ajid, Ihsan secara implementatif diterapkan dalam model dan Langkah-langkah strategis untuk pengembangan kampus unggul dan kompetitif sebagai berikut:

Pertama, Integrity, yakni sikap kokoh dan konsisten dalam menjunjung tinggi nilai-nilai akademik-religius, kuat dalam pendirian, menunjukkan keselarasan antara hati, pikiran, perkataan, dan tindakan yang baik dan benar dalam kesatuan yang utuh dan konsisten. Sebagai perguturan tinggi Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, komitmen dan keteguhan terhadap nilai-nilai agama, budaya dan nilai-nilai akademik yang diwujudkan dalam setiap aktivitas civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kedua, Humanity, yakni suatu sikap ramah, toleran, santun, dan bisa menghidupkan rasa perikemanusiaan. Mengembangkan seluruh potensi yang ada semaksimal mungkin dalam menciptakan pelayanan akademik yang lebih baik (pelayanan prima) dan humanis. Sebab hakikat pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia yang lebih berkembang, berpikir, berinovasi dan berperadaban dalam mewujudkan kehidupan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang lebih manusiawi dalam berpikir, berdialog, berinovasi dan berkembang sesuai dengan potensi dan perkembangan manusia yang lebih maju dan berperadaban.

Diantara faktor terpenting dalam mewujudkan sikap humanity adalah peningkatan kesejahteraan bagi dosen dan karyawan, karena itu kampus perlu melakukan strategi penghasilan BLU yang lebih optimal dengan mewujudkan link and match antara kampus dengan dunia usaha dan membangun pola pikir keterampilan kewirausahaan mahasiswa.  

Ketiga, Spirituality, suatu sikap kesatuan dan kesinambungan antara ilmu pengetahuan dengan nilai-nilai ruhaniyah, antara fikir dan dzikir pada Tuhan. Konsep “Wahyu Memandu Ilmu” adalah jembatan yang mempadukan antara ilmu dan iman, antara pengetahuan dan kesadaran. UIN SGD Bandung harus mewujudkan kesatuan antara penggunaan rasionalitas akal dan kejernihan hati nurani. Pelayanan akademik harus dilihat dari sisi rasionalitas dan spiritualitas ilahiyyah. Pengambilan kebijakan akademik dan non akademik berikut implementasinya harus selalu berempati dan beradaptasi pada pertanggungjawaban ilahiyah.

Keempat, Accountability, suatu sikap keterbukaan dan bertanggung jawab. Kampus UIN SGD Bandung perlu dibangun dengan nilai-nilai keterbukaan, seluruh aktivitas dan implementasinya didasarkan pada manajeman mutu yang kuat: planing, organizing, controling dan evaluating. Sehingga lembaga kampus harus bisa memberikan pertanggungjawaban, penyajian, pelaporan, dan pengungkapan segala aktivitas dan kegiatannya pada pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama RI dan masyarakat. Akuntabilitas perlu didukung dengan kemampuan Artificial Intelegence yang menjadi tuntutan kebutuhan di era 5.0. kampus harus mampu menyiapkan skill tersebut bagi seluruh civitas akademika untuk mewujudkan akuntabilitasnya terhadap publik.

Kelima, Nationality, suatu sikap cinta tanah air. Sebagai kampus negeri di bawah naungan Kementerain Agama RI, seluruh civitas akademika harus mencerminkan abdi negara yang baik dan loyal pada pemerintah. Kampus UIN SGD Bandung adalah kepanjangan tangan untuk mengusung nilai kesatuan dan kebangsaan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam berbagai pengembangan akademik dan non akademik, harus berlandaskan cinta Tanah Air, Bangsa dan Negara Republik Indonesia. Selaras dengan semangat semboyan “NKRI Harga Mati.”

“Jadi  Ihsan merupakan sikap mental untuk mewujudkan kampus yang bermartabat, unggul dan kompetitif di tingkat nasional dan internasional. Seluruh civitas akademika bekerja dan berkarya untuk masa depan Indonesia yang gemilang, maju dan berkualitas tinggi berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah.” Pungkasnya.(har)

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

1 Nama Lengkap Prof.Dr.H.Ajid Thohir,M.Ag.,CIHCS.
2 NIP 196804141994021001
3 Pangkat/Gol.Ruang Pembina Utama Muda/IV/c/Profesior/Guru Besar
4 Tempat,Tgl Lahir Serang,14 April 1968
5 Jabatan Wakil Direktur I Pascasarjana UIN SGD Bandung
6 Alamat Rumah Komp.Permata Biru Blok Y No.46 D RT.008,RW 020,Desa

Cinunuk,Kec.Cileunyi,Kab.Bandung,Prov.Jawa Barat.

7 Telp/Hp.
  1. Pendidikan Formal
No Nama Lembaga Jurusan/Prodi Tahun Lulus
1 IAIN Sunan Gunung Djati Sejarah Peradaban Islam 1992
2 UIN Sunan Gunung Djati Studi Masyarakat Islam 2000
3 UIN Syarif Hidayatullah Sejarah Peradaban Islam 2010

B.Riwayat Jabatan

No Nama Jabatan Institusi Tahun
1 Ketua Prodi S2 Sejarah dan

Kebudayaan Islam

Program Pascasarjanan UIN

SGDBandung

2013-2019
2 Direktur Pasca Sarjana IAILM Pondok Pesantren

Suryalaya

2014-2017
3 Ketua Yayasan Islam

Darussalam

Yayasan Islam Darussalam

PermataBiru Cileunyi Bandung

2013-2020
4 Wakil Direktur Bidang

Akademik dan Kelembagaan

Pascasarjana UIN Sunan

Gunung DjatiBandung

2020-2024
  1. Publikasi Ilmiah
No Judul Publikasi (Buku,Jurnal,

Prosiding)

Tahun
1 Gerakan Politik Kaum Tarekat Buku penerbit Pustaka Hidayah

Bandung

2003
2 Kehiudupan Umat Islam Masa

Rasulullah SAW

Buku penerbit Pustaka Setia

Bandung

2004
3 Perkembangan Peradaban di

Kawasan Dunia Islam

Buku penerbit Raja Garafindo

Jakarta

2006
4 Islam di Asia Selatan Buku penerbit Humaniora

Bandung

2007

 

5 Studi Kawasan Dunia Islam Buku penerbit Raja Grafindo

Jakarta

2009
6 Sistem dan Pola Pendidikan Sufi Buku penerbit Mudawamah Press

Suryalaya Tasikmalaya

2010
7 Tarekat Qodiriyah wa

Naqsyabandiyah Membangun

Peradaban Dunia

Buku penerbit Mudawamah Press

SuryalayaTasikmalaya

2010
8 Historisitas dan Siginifikansi KitabManaqib SyaikhAbdul Qodir al-Jailany dan Historiografi Islam Buku penerbit Lektur BalitbangKemenag RI 2011
9 Sumedang Puseur Budaya Sunda;

Kajian SejarahLokal

Buku penerbit Galuh Nurani

Ciamis

2013
10 Sirah Nabawiyah Dalam

Perspektif Ilmu SosialHumaniora

Buku penerbit Nuansa Cendekia

Bandung

2014
11 Universalims of Islamic

Civilization

Buku penerbit AMC University

of TechnologyMalaysia,May

2017

2017
12 Filsafat Sejarah:Profetik,

Spekulatif dn Kritis

Buku penerbit Prenadamedia,

Jakarta Buku

2019
13 Sejarah Perkembangan Nahdlatul

Ulama di Jawa Barat

Buku penerbit Rahmadina

Publishing BrebesJawa Tengah

2020
14 Sufi Tradition and the

Establishment of IslamicCulture

International Journal for

Historical Studies “Tawarikh”

vol.8 number 1, October 2016

2014
15 Historiografi Sufi dalam Perspektif

Fenomenologi

Jurnal Al-Tsaqafa Adab dan

Humaniora.Vol.10.No.1 Januari-

Juni 2013

2012
16 Historiografi Islam: Bio-Biografi

dan PerkembanganMazhab Fikih

dan Tasawuf

Jurnal Miqot: Jurnal Ilmu-ilmu

Keislaman no.XXXVI Vol.2 UIN

Medan

2012
17 The Prominent Historiography asStrengthening theSchools of Fiqhand Sufism Heritage of Nusantara:

International Journal of

ReligiousLiterature and

Heritage vol.1.

June 2012

2012
18 Zawiyah Sufi Sebagai PusatPendidikan Intelektualdan

Spiritual

Jurnal Latifah: Jurnal

Ilmiah Tasawuf dan

Kebudayaan Islam.Edisi 5

th 2013

2013
19 Pengaruh Historiografi Sufi dalamNaskah BabadTanah Sunda BabadTanah Cirebon Jurnal Refleksi Pemikiran

Keagamaan dan

Kebudayaan:Tashwirul Afkar.Edisi no.34tahun 2014

2013
20 Aktivitas dakwah KH.Muhammad

Yahya di Cimahitahun 1947-2009

Historia Madania Jurnal Ilmu

Sejarah. UIN Sunan Gunungh

Djati Bandung

2019

 

21 Sejarah Penulisan Al-Qur’an

Mushaf Sundawi diBandung tahun

1995-1997

Historia Madania Jurnal Ilmu

Sejarah.UIN Sunan Gunungh

Djati Bandung

2019
22 Peran Abdul Haris Nasution dalam

Pembebasan IranBarat 1957-1962

Historia Madania Jurnal Ilmu

Sejarah.UIN Sunan Gunungh

Djati Bandung

2020
23 Establishing the Historiography of

Islamic Sultanatein Nusantara

Academic Journal of

Interdisciplinary Studies,

Ricmannn Publishing Ltd

2021
24 The Struggle of Freemasonry andIslamic Idiology inthe TwentiethCentury During Colonialization inIndonesia Journal Heliyon,Elsevier BV 2021
  1. Pengalaman Organisasi Profesi
No Nama Organisasi Tempat/Kedudukan Tahun
1 Ikatan Sejarawan Jawa Barat Ketua Bidang Penelitian dan

Penulisan Sejarah

2005-2012
2 LAKPESDAM PWNU Jawa Barat Wakil Ketua 2011-2015
3 LDTQN: Lembaga Dakwah Tarekat

Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah

PondokPesantren Suryalaya

Ketua Umum 2014-2017
4 Majlis Ulama Indonesia (MUI) Jawa

Barat

Wakil Ketua Komisi Dakwah

dan pengembangan

Masyarakat Islam

2016-2020
5 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama

Jawa Barat

Wakil Sekretaris 2016-2020
6 MATAN:Mahasiswa Ahl Thariqah

al-Nahdliyyah

Ketua Umum di Jawa Barat 2016-2025
7 JATMAN (Jam’iyyah Ahli Thoriqoh

Al Mu’tabaroh An-Nadliyyah)

Anggota Maktabuddaimi Ahli

Silsilah Thoriqiyyah

2019-2025
8 Tim Penilai dan Konsultan Ma’rodh

Nabi Muhammad SAW Masjid Al-

Jabbar Jawa Barat

Tim Pinilai dan Konsultan 2021-2023
9 Majlis Ulama Indonesia (MUI) PW

Jawa Barat

Ketua Komisi Pengkajian dan

Pengembangan MUI Jawa

Barat

2021-2026
10 TP2GD(Team Peneliti,Pengkaji

Gelar Pahlawan Daerah) di Jawa

Barat

Wakil Ketua 2021-2026
11 Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama

Jawa Barat

Wakil Ketua Tanfidziyyah 2022-2026

 

Total
0
Shares
Previous Article

PT. PLN Terus Meningkatkan Kontribusi Melalui Setoran Dividen dan Pajak

Next Article

PUSHIDROSAL MENERIMA KUNJUNGAN MAHASISWA UNIVERSITAS HANG TUAH

Related Posts