Gubernur Jabar Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Cimahi

CIMAHI, Ekpos.com – Alun-alun Cimahi kini hadir dengan wajah baru setelah direvitalisasi sejak awal 2023. Dalam revitalisasi ini, tidak mengubah karakter Cimahi sebagai kota yang bernuansa sejarah dan militer.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Alun-alun Kota Cimahi, Senin (28/8/2023) sore sekitar pukul 16.30 WIB. Masyarakat Kota Cimahi antusias menyambut hadirnya wajah baru Alun-Alun Cimahi. Keberadaan ruang publik tersebut diharapkan dapat memberikan kebahagiaan tersendiri bagi warga Cimahi.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, Kota Cimahi Membutuhkan ruang-ruang publik seperti jalan khusus bagi pejalan kaki. Hal itu dapat meningkatkan investasi yang berfokus pada bidang kuliner, pariwisata serta jasa.

Revitalisasi Alun-alun Cimahi dilaksanakan sejak awal tahun 2023 dengan biaya lebih dari Rp 14 miliar dari bantuan Pemprov Jabar. Alun-alun Cimahi berkonsep Heritage Entertainment dan Religious Space, mendukung Kota Cimahi sebagai kota yang bernuansa sejarah dan militer.

“Revitalisasi Alun-alun Kota Cimahi menghabiskan anggaran sekitar Rp15 miliar dengan menggunakan anggaran dari Pemprov Jabar. Revitalisasi ini tidak mengubah karakter Alun-alun Kota Cimahi,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim selama menjabat sudah merevitalisasi sekitar 32 alun-alun-alun tingkat kota/kabupaten maupun kecamatan.

“Hari ini diresmikan Alun-alun Cimahi bersamaan dengan Alun-alun Kecamatan Ciranjang-Cianjur, yang masih dikerjakan di Ciamis dan Karawang. Pokoknya dimana ada tempat anu rariweuh di situ kita lakukan penataan,” imbuhnya.

Pihaknya berharap keberadaan Alun-alun Cimahi dapat membangkitkan kebahagiaan masyarakat.

“Alun-alun Cimahi desainnya salah satu yang terbaik, terdapat air mancur menari yang pasti disukai masyarakat. Alun-alun itu tempat mencari kebahagiaan. Tidak ada batas kaya miskin, kasep geulis, tidak kasep tidak geulis, bebas. Yang penting bertanggung jawab. Insyaallah ramai, masyarakat juga antusias dan bahagia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ridwan menyampaikan salam perpisahan kepada warga Kota Cimahi. Sebab, masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat akan berakhir pada 5 September 2023 mendatang.

“Tinggal seminggu lagi jadi gubernur, jadi mohon pamit sudah lima tahun kami mengabdi,” ucapnya.

Sementara Pj. Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyatakan, peresmian Alun-alun Cimahi sudah lama dinantikan masyarakat.

“Hari ini kita saksikan peresmian Alun-alun Cimahi langsung oleh Pak Gubernur sebagai hal yang dinantikan. Satu yang saya titip, jaga sebagai tanggung jawab bersama untuk memeliharanya,” katanya.***

Total
0
Shares
Previous Article

Dengan Penuh Semangat, Komandan Beserta Personel Lanal Bandung Laksanakan Kurvei di Lahan Peruntukan Mako Lanal Bandung

Next Article

Komandan Lanal Bandung Beserta Prajurit Ikuti Apel Olahraga Bersama TNI-Polri Wilayah Gartap II/Bandung

Related Posts