Sangha Seluruh Dunia Gelar Do’a Bersama di Indonesia

DO’A BERSAMA-Para Sangha dari World Buddhist Sangha Council (WBSC) berdo’a bersama di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (19/9/2024). (Foto Dok. Vihara Mahavira Graha Pusat).

JAKARTA || Ekpos.com – Para Sangha dari World Buddhist Sangha Council (WBSC) atau Dewan Sangha Buddha Dunia menggelar do’a Bersama di Indonesia pada 18 – 19 September 2024 lalu. Para Sangha dari berbagai mancanegara seperti Indonesia, Taiwan, Srilanka, Thailand, Korea, Australia, Uganda, Amerika dan Brazil, melakukan ritual khusus ke candi-candi di Jawa Tengah yang memiliki sejarah dengan umat Buddha.

Mereka berkumpul di Indonesia membawa pesan perdamaian untuk dunia. Mendo’akan agar dunia, termasuk Indonesia terhindar dari berbagai bencana baik bencana alam maupun peperangan. Tercapai perdamaian dunia, aman, sentosa, harmonis, adil dan makmur, serta terbebas dari semua bencana.

President World Buddhist Council, Mahanayaka Chaokun Prajnavira Mahasthavira, menjelaskan, tujuan acara ini agar dunia senantiasa aman dan damai, termasuk semua makhluk hidup di dalamnya.

“Dalam kesempatan yang baik ini, kami dari Sangha sedunia berkumpul untuk memberikan pesan sejuk Dharma, pesan perdamaian untuk seluruh dunia. Itulah tujuan kita ke Candi Plaosan, Borobudur dan Mendut,” ungkap Mahanayaka Chaokun dilansir, Senin (23/9/2024).

Mahanayaka Chaokun Prajnavira Mahasthavira berpandangan bahwa, do’a yang dipanjatkan secara bersama-sama oleh orang banyak akan memiliki dampak lebih besar, lebih kuat dan nyata untuk terwujudnya keselamatan, kesejahteraan dan perdamaian dunia.

“Sebuah pertemuan luar biasa, di mana seluruh Bhiksu dari seluruh dunia berkumpul dan berdo’a untuk perdamaian dunia,” katanya.

Mahanayaka Chaokun mengungkapkan, di hari kedua sejak pagi rombongan para Sangha menuju Candi Borobudur untuk berdo’a bersama. Dimulai dari menaiki candi, para Sangha juga berkeliling sambil memanjatkan do’a-do’a yang tulus dari hati mereka.

Setelah itu, para Sangha berkumpul di Plataran Jaten yang menghadap ke Candi Borobudur, dan prosesi do’a bersama dilakukan. Lantunan do’a para Sangha menggema membawa kedamaian bagi alam semesta.

*Majelis Mahayana Indonesia*

Ketua Umum Andi Rojali dan Waketum Emil Atmadjaya Majelis Mahayana Indonesia bersama anggota WBSC (World Buddhist Sangha Council) Y.M.Bhiksu Andhanavira Mahastavira yang juga Dewan Sesepuh Sangha Mahayana Indonesia, hadir dalam acara kunjungan Dan Do’a untuk Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah, yang juga dihadiri 126 kepala biksu Dunia.

Pengurus Majelis Mahayana Indonesia (MAHASI) yang hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi pertemuan luar biasa dan do’a bersama para Sangha dari seluruh dunia. Hadir Ketua Umum DPP MAHASI, Romo Andi Rojali dan Wakil Ketua Umum Emil Atmadjaya.

Kedua Pengurus DPP MAHASI itu hadir bersama anggota World Buddhist Sangha Council Y.M. Bhiksu Andhanavira Mahastavira yang juga Dewan Sesepuh Sangha Mahayana Indonesia. Mereka turut berdo’a bersama di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, beserta 126 bhiksu dari seluruh dunia.

“Para Sangha dari seluruh dunia berkumpul di Indonesia dan berdo’a bersama demi kedamaian dunia merupakan momen yang luar biasa. Secara khusus, ini juga menjadi pesan damai dari umat Buddha untuk dunia, termasuk Indonesia. Semoga seluruh umat beragama di dunia bisa saling membantu satu sama lain, bisa hidup berdampingan dengan harmonis dan damai, terhindar dari bencana. Amitofo, Namo Sakyamuni Buddhaya, Svaha, Svaha, Svaha,” tutur Romo Andi Rojali. (Red).

Total
0
Shares
Previous Article

Paviliun Taiwan di Pameran Wisata KOMPAS Hadirkan Kejutan

Next Article

Alasan Danrem 081/DSJ Galakkan Budidaya Melon Jenis Ini di Madiun

Related Posts