Petugas Pemadam Menjadi “Palu Gada” bagi Masyarakat

BANDUNG, Ekpos.Com —  Seorang petugas pemadam kebakaran ternyata tak hanya piawai dalam memadamkan atau meminimalisir titik api saat terjadi musibah kebakaran saja.

Dibalik itu,  ia juga harus memiliki keterampilan khusus untuk memberikan pertolongan ketika terjadi banjir atau longsor. Artinya seorang petugas harus selalu siaga.

Bahkan ada hal yang menarik, menjadi seorang petugas damkar harus “palu gada”, artinya pertolongan apapun yang dibutuhkan masyarakat, petugas damkar selalu ada.

“Kami selalu siaga untuk memberikan pertolongan atau bantuan ketika masyarakat membutuhkan. Memadamkan api itu tugas utama kami, namun memberikan kenyamanan bagi masyarakat itu tujuan kami,” ungkap Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana via pesan WhatsApp, Sabtu (27/4/2024).

Dijelaskan Gun Gun, selain memadamkan api, pihaknya juga menyiapkan petugas yang diberikan keterampilan khusus guna menjinakan binatang liar yang membahayakan masyarakat.

“Ada tim khusus untuk penyelamatan manusia dan hewan. Artinya ketika keberadaan hewan itu membahayakan dirinya maupun manusia ya kita amankan. Sekarang kan tak jarang ada ular masuk rumah, atau anjing dan kucing liar berpenyakit berkeliaran,” paparnya.

“Jadi intinya, kami akan selalu ada ketika masyarakat membutuhkan pertolongan,”pungkasnya. *

Total
0
Shares
Previous Article

Pasis Sesko TNI Mengakhiri Kunjungannya Ke Kepolisian Laos Dengan Mempelajari Penanganan Kejahatan Narkoba

Next Article

TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, KAPAL PERANG TNI AL LATIHAN DI LAUT NATUNA UTARA

Related Posts